Sejarah Hari Olahraga Nasional: Dimulai Sukarno, Ditetapkan Soeharto

Posted on

Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-37 diperingati ini hari, Rabu (9/9/2020). Beberapa puluh prestasi olahraga sudah diraih Indonesia sampai sekarang ini. Hari Olahraga Nasional 2020 oleh Kementerian Pemuda serta Olahraga diinginkan jadi titik awal penerapan sport science dalam olahraga nasional. Berikut beberapa bukti serta riwayat tentang Hari Olahraga Nasional:

1. Mengapa Haornas diperingati setiap 9 September?

Sebelumnya, 9 September adalah tanggal pertama-tama Minggu Olahraga Nasional (PON) diselenggarakan di Indonesia pasca-kemerdekaan. Pertama kali saat itu, PON diselenggarakan di Surakarta (Solo), Jawa Tengah, pada 1948. Nah nantinya, tanggal berikut yang digunakan untuk mengingati Haornas setiap tahunnya.

PON pertama itu diiringi kurang lebih 600 olahragawan yang turun ke sembilan cabang olahraga. Saat itu, Karesidenan Surakarta keluar untuk juara dengan perolehan 36 medali.

2. PON pertama diselenggarakan sebab Indonesia tidak berhasil turut Olimpiade

Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) dibantu Komite Olimpiade Republik Indonesia (KORI) saat itu menyiapkan beberapa olahragawan untuk ikuti Olimpiade musim panas di London pada 1948.

Sayangnya, usaha ke-2 instansi itu menjumpai banyak kendala termasuk juga belum disadari untuk anggota International Olympic Committee (IOC). Tidak itu saja, beberapa delegasi Indonesia tidak bisa pergi ke Inggris sebab belum disadari paspornya oleh pemerintah Inggris.

3. Haornas pertama-tama diputuskan oleh Presiden Soeharto

Walau PON pertama pada 9 September diresmikan oleh Presiden Sukarno, akan tetapi, baru pada 1983 persisnya, tanggal 9 September pada akhirnya diputuskan untuk Hari Olahraga Nasional oleh Presiden Soeharto.

Mulai sejak itu, Hari Olahraga Nasional dengan cara sah diperingati pertama-tama pada 9 September 1983. Apabila dihitung dari tanggal diresmikannya, bermakna Haornas tahun ini adalah Haornas ke-37 selama riwayat.

4. Pekerjaan Haornas setiap tahunnya, dari perayaan sampai penghargaan

Hari Olahraga Nasional biasa diperingati dengan meriah di Indonesia. Pada 2019, Haornas diperingati dengan perayaan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang diinisiasi oleh Kementerian Pemuda serta Olahraga (Kemenpora).

Disamping itu, tiap tahunnya akan ada beberapa penghargaan yang diberi oleh Kemenpora pada beberapa pihak yang dipandang memberi andil buat olahraga nasional.

5. Pekerjaan Haornas 2020 bertopik sport science

Hari Olahraga Nasional 2020 pada tahun ini tentu saja akan berjalan sedikit tidak sama. Diperingati ini hari, Haornas 2020 berjalan ditengah-tengah epidemik COVID-19 yang masih tetap mewabah dengan cara global termasuk juga di Tanah Air.

Tahun 2020, Kemenpora mengangkat topik sport science untuk topik besar Haornas. Beberapa pekerjaan serta lomba dengan cara visual sudah diselenggarakan, serta acara pra-Haornas telah diadakan semenjak 1 Februari kemarin. 

Menteri Pemuda serta Olahraga Zainudin Amali sendiri ajak warga untuk jadikan momen Haornas bukan hanya tentang kesehatan, tetapi menggerakkan prestasi olahraga dengan suport sport science serta pendayagunaan ekonomi warga lewat sport tourism serta sport industry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *