Ada Benyamin Sueb di Google Doodle Hari Ini

Posted on

Pagi hari ini, Selasa (22/9/2020). Penampilan situs penelusuran Google dihiasi dengan gambar doodle seorang tokoh yang tidak asing buat warga Indonesia. Google Doodle ini hari tampilkan figur muka Bang Ben alias mendiang Benyamin Sueb, komplet dengan maskot ciri khas Betawi, ondel-ondel.

Dalam keterangan resminya, Google menyebutkan Doodle Hari Ini diilustrasikan oleh seniman asal Indonesia, Isa Indra Permana, untuk kembali kenang almarhum Benyamin Sueb, aktor ikonik, komedian, vokalis, penulis lagu, sutradara, penulis dan seorang produser film. Saat hidupnya, Benyamin sudah mempopulerkan budaya Betawi pada warga Indonesia dengan menjadi bintang lebih dari 50 film serta jadi komposer buat lebih dari 300 lagu asli karyanya.

Alasan Bang Ben jadi Google Doodle

Di hari ini, dua tahun kemarin, persisnya pada 22 September 2018, Jakarta resmikan Taman Benyamin Sueb, satu pusat budaya yang diperuntukkan untuk junjung tinggi peninggalan budaya Betawi sebagai dedikasi Benyamin saat hidupnya.

Benyamin Sueb lahir pada 5 Maret 1939 di Jakarta.

Ia pertama-tama masuk panggung selingan di tahun 1950-an untuk anggota dari “Melody Boys,” satu band yang mengundang perhatian internasional.

Benyamin selanjutnya memercayakan idiom musik Betawi yang bertambah tradisionil untuk menulis lagu-lagu hitsnya, seperti Tonton Bioskop serta Hujan Grimis.

Ia menolong merevitalisasi style gambang kromong lewat lagu-lagu kecintaan seperti Ondel-Ondel.

Lihat perjalanannnya, profesi akting Benyamin diawali pada awal tahun 70-an, serta lewat style komedinya yang ciri khas, ia mendapatkan pujian sebab sukses menggambarkan budaya Betawi yang bertambah tepat.

Ia mendapatkan pujian untuk peranan dalam film seperti Intan Berduri (1972) serta Sang Doel Anak Kekinian (1976), kedua-duanya membuat memperoleh penghargaan Aktor Paling baik pada Festival Piala Citra.

Benyamin membangun Radio Ben pada 1990, sebagai salah satu stasiun radio di Indonesia yang diperuntukkan untuk Betawi.

Radio Ben terus mainkan musik-musik Benyamin sampai ini hari.

Taman Benyamin Sueb

Pemerintah Propinsi DKI Jakarta resmikan Taman Benyamin Sueb atau pusat kebudayaan Betawi, di Jalan Jatinegara Timur, Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (22/9/2018).

Taman itu dibuat di sisa Gedung Kodim 05/05 Jatinegara, Jakarta Timur, yang alami pemugaran semenjak 2013.

Peresmian taman itu dilaksanakan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Di Taman Benyamin Sueb ada satu museum yang simpan beberapa benda koleksi warisan legenda budayawan Betawi itu. 

Faksi keluarga Benyamin awalnya sudah menyepakati supaya beberapa barang si tokoh Betawi ditempatkan di museum ini.

Mengenai barang-barang itu seperti beberapa foto, baju, poster film, dan benda warisan riwayat yang lain.

Putra Benyamin, Biem Triani Sueb menjelaskan, faksi keluarga telah lama ingin pembangunan taman itu. 

“Taman Benyamin Sueb sudah didambakan lama. Tentu saja kemauan mendiang mengenai ada taman budaya Betawi,” tutur Biem.

Setelah itu, bangunan yang diurus Dinas Pariwisata serta Kebudayaan DKI Jakarta ini bisa menjadi pusat kebudayaan Betawi. Dapat juga digunakan untuk pusat kesenian masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *