Gelar Demo Hari Ini, KSBI Klaim Kerahkan 1000 Buruh ke Istana

Posted on

Massa dari Konfederasi Serikat Pekerja Semua Indonesia (KSBSI) mengadakan tindakan demonstrasi menampik pengesahan omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (12/10/2020).

Ketua Komite Kesetraan Nasional KSBSI, Emma Liliefna menerangkan, minimal ada seputar 1.000 orang yang berunjuk rasa terhimpun dari KSBSI yang ingin ke arah Istana Merdeka, Jakarta.

“Iya betul, ada (demonstrasi). Saat ini di (dekat) depan Istana. Ada seputar 1000 massa dari KSBSI saja. Belumlah ada dari mahasiswa,” tutur Emma waktu dilakukan konfirmasi, Senin.

Emma menjelaskan. Demonstrasi ini dilaksanakan sesudah KSBSI berasa ada ketidakadilan dari UU Cipta Kerja yang telah disahkan oleh DPR di 5 Oktober 2020.

Mereka tuntut pengesahan UU Cipta Kerja itu yang tidak menampung saran dari partner perusahaan untuk bikin kesepakatan bersama-sama (SP/SB) dalam tatap muka team tripartit.

“Ke-2, jika Undang-undang Cipta Kerja cluster. Ketenagakerjaan benar-benar mendegradasi hak-hak landasan pekerja bila dibanding dengam UU Nomor 13 tahun 2003,” katanya.

Disamping itu, KSBSi menekan masalah kontrak kerja tiada batasan, outsourcing diperlebar tiada batasan tipe usaha. Gaji serta penggajian di turunkan serta besaran pesangon di turunkan.

“Jika KSBSI telah menyarankan itu semua untuk dikembalikan ke UU Nomor 13 tahun 2003. Mengenai Ketenagakerjaan di 10 sampai 23 Juli 2020. Tetapi sebenarnya dikelabui,” tuturnya.

Berdasar photo yang diterima Kompas.com. Sekarang ini beberapa massa dengan memakai sepeda motor telah ada di Bundaran Patung Kuda Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Mereka yang bawa bendera serta seragam komplet lakukan pengutaraan opini atas kekecewaan pengesahan UU Cipta Kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *